Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Bersepeda merupakan kegiatan yang dapat menunjang kesehatan, cukup banyak manfaat dari bersepeda. Selain ramahnya pada lingkungan daripada naik motor atau mobil yang dapat menimbulkan polusi udara, membakar kalori dalam tubuh.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.

Kekuatan otot
Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.

Sistem kerangka
Kerangka adalah bagian yang menunjang organ lain dalam tubuh, seperti otot, tendon, dan organ lainnya. Olahraga dan bersepeda bisa menguatkan tulang dan menambah fleksibilitasnya untuk bergerak. Bersepeda juga memiliki manfaat baik untuk kekuatan serta kepadatan tulang.

Kesehatan mental
Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

Oksigen dan sirkulasi
Oksigen penting untuk semua organisme hidup dan sangat penting untuk proses pernapasan manusia. SIstem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Penyakit jantung dan kardiovaskular
Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Semua faktor yang bisa mengarah pada serangan jantung bisa dikurangi dengan bersepeda. Bersepeda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

Berat badan dan obesitas
Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua. Selain itu, dengan berat badan yang terjaga, sistem metabolisme juga akan ikut terjaga.

Tekanan darah
Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya. Tekanan darah juga bisa diturunkan dengan menurunkan kecepatan detak jantung, yang bisa dilakukan dengan bersepeda teratur.

Kanker
Aktivitas fisik, seperti olahraga telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, usus, prostat, dan pankreas. Kemungkinan besar, bersepeda juga bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.

Meningkatkan Staamin
Sama seperti berlari, bersepeda bisa menguras stamina. Jika dilakukan secara rutin maka tubuh anda akan terbiasa untuk kehilangan stamina dan karena sudah terbiasa itu lah stamina tubuh anda akan bertambah secara alami. So, anda pun tidak akan mudah lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Menguatkan Dan Membersihkan Udara Di Dalam Paru-Paru
Saat bersepeda, terutama dengan kecepatan tinggi, paru-paru anda akan bekerja lebih keras dan udara di dalam paru-paru bagaikan terkuras layaknya anda menguras bak mandi. Jadi, selain udara di dalam paru-paru anda menjadi bersih, paru-paru anda pun bisa semakin kuat karena sering bekerja lebih cepat. Tapi ingat, harus rutin juga.

Baik Untuk Perut Dan Pinggang
Bentuk perut dan pinggang anda akan semakin menarik jika anda bersepeda secara rutin baik di pagi maupun sore hari. Kenapa? Karena otot dan pinggang anda tidak hanya diam ketika anda mengayuh sepeda untuk menentukan kecepatan lajunya.

Menghilangkan Stres Dan Depresi
Salah satu cara mudah menghilangkan depresi dan stres adalah dengan cara jalan-jalan. Dan salah satu alternatif untuk jalan-jalan adalah dengan cara bersepeda. Coba lah cari tempat bersepeda yang sekiranya mempunyai pemandangan yang menarik agar otak kembali fresh.

Demkianlah info seputar, Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat, terima kasih..!!
Title : Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Description : Bersepeda merupakan kegiatan yang dapat menunjang kesehatan, cukup banyak manfaat dari bersepeda. Se...

6 Responses to "Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan"

  1. bnyk juga ya gan manfaatnya naik speda. ane pas sd sma smp hobi banget naik spda, skrg mah jarang.
    eh malah curcol. wkkwkwkk... :D
    thanks gan infonya

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat bermanfaat gan khusus newbie seperti ane...

    BalasHapus
  3. memang bersepeda dapat meningkatkan kesehatan tubuh :)
    salam kenal outbound di malang


    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
  4. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu ya yang tepat buat melakukan olahraga bersepada? dan ada g baju senam khusus yang harus digunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    BalasHapus
  5. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    Cara Hidup Sehat

    wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

    Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor

    BalasHapus
  6. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    Cara Hidup Sehat

    wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

    Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor

    BalasHapus