Vitamin Yang Berperan Penting Dalam Tubuh Kita






Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian.[2] Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.



Vitamin merupakan suatu senyawa yang telah lama dikenal oleh peradaban manusia. Sudah sejak ribuan tahun lalu, manusia telah mengenal vitamin sebagai salah satu senyawa yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, berbagai hal dan penelusuran lebih mendalam mengenai vitamin pun turut diperbaharui. Garis besar sejarah vitamin dapat dibagi menjadi 5 era penting. Disetiap era tersebut, terjadi suatu kemajuan besar terhadap senyawa vitamin ini yang diakibatkan oleh adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.


Nah berikut beberapa jenis dari vitamin :

Vitamin A
Vitamin A itu terdapat dalam makanan yang berwarna kuning-oranye, berdaun hijau geap dan juga dalam bentuk retinol pada makanan yang berasal dari hewan. Contohnya adalah wortel, mangga, labu, pepaya, bayam, brokoli, kuning telur, susu, hati, dan selada air merupakan makanan yang kaya akan vitamin A.

Vitamin B1
Vitamin B1 juga dikenal sebagai thiamin, yaitu bahan bakar yang membantu tubuh kalian dalam mengubah gula darah menjadi energi. Hal itu akan membuat selaput lendir kalian sehat dan sangat penting bagi sistem saraf, jantung dan juga fungsi otot. Sumber terbaik vitamin B1 adalah ragi dan hati. Sedangkan makanan yang mengandung sumber vitamin B1 adalah daging sapi, gandum sereal, tepung gandum utuh, kacang merah, kacang buncis, beras merah, dan juga kacang hijau.

Vitamin B2
Vitamin B2 juga dikenal sebagai riboflavin. Riboflavin adalah vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, penghasil antibodi, pernafasan sel. Riboflavin merupakan mikronutrisi yang mudah dicerna dan sifatnya larut dalam air. Riboflavin merupakan salah satu koenzim yang berperan dalam berbagai metabolisme energi di dalam tubuh kita, terutama dalam pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula sederhana. Selain itu senyawa kompleks lainnya seperti lemak da protein akan dikonversi menjadi energi. Vitamin B2 terdapat dalam kubis, susu, keju, kacang polong, wortel, telur, beras, ubi jalar, singkong, tomat, alpukat, kacang, nanas, pepaya, jambu biji, dan juga mangga. Jika kalian kekurangan vitamin B2, maka kalian akan menerita penyakit kulit, kesulitan dalam mencerna makanan sampai mata merah.

Vitamin B3
Niacin atau Niasin merupakan salah satu dari jenis vitamin B-Compleks. Niacin juga dikenal sebagai vitamin B3. nama lain dari niacin adalah asam nikotinat. Niacin ini ditemukan dalam 2 bentu, yaitu asam nicotinic dan nicotinamide. Meskipun namanya hampir sama, tetapi mereka tidak ada hubungannya sama sekali dengan nikotin yang ada pada tembakau. Sumber dari vitamin B3 adalah daging, kacang-kacangan, ikan, keju, semua makanan yang terbuat dari roti, kopi instan, dll. Manfaat dari vitamin ini adalah untuk memperbaiki dari mobilitas dari penderita radang sendi, mengurangi gangguan jiwa, dan juga ketergantungan alkohol.

Vitamin B5
Vitamin B5 nama lainnya adalah asam pantotenat. Sumber vitamin B4 adalah daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan masih banyak lagi. Jika kita kekurangan vitamin B5, maka bisa menyebabkan otot kita mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain.

Vitamin B6 (Piridoksin)
Pyridoxine atau piridoksina adalah nama lain dari vitamin B6, dan juga termasuk dari salah satu jenis vitamin B-Compleks. Piridoksin dalam bentuk PLP atau piridoksal fosfat merupakan bentuk aktif dari vitamin B6 ini, dan juga merupakan konfaktor dalam berbagai reaksi metabolisme asam amino, dan juga proses dari transminasi, deaminasi dan juga dekarboksilasi. Sumber vitamin B6 adalah pisang, daging ayam, ikan, kacang polong, jeruk, susu, dan makanan yang terbuat dari biji gandum. Jika kita kekurangan vitamin B6, maka akan menyebabkan pelagra atau kulit pecah-pecah, keram otot, insomnia, dan masih banyak lagi.

Vitamin B12
Makanan yang mengandung vitamin B12 adalah telur, hati, daging, dll. Jika kalian kekurangan vitamin B12, makan bisa menyebabkan kurang darah, gampang capek atau lelah, penyakit pada kulit, dan masih banyak lagi. Jadi bagi kalian yang sedang bekerja dan aktivitasnya sangat padat, sebaiknya minum vitamin penambah vitamin B supaya stamina tetap terjaga.

Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat diperlukan dalam tubuh kita, dan termasuk vitamin yang populer juga lho. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. BIla dalam tubuh kita segala kebutuhan vitamin dan juga mineral terpenuhi, maka segala jenis penyakit bisa dicegah. Vitamin C juga sebagai antioksidan, terbukti bisa menangkal virus-virus, misalkan virus flu. Makanan yang mengandung sumber vitamin C adalah jambu klutuk, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dll. Jika kita kekurangan vitamin C, maka bisa menyebabkan mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri di persendian. Jadi lebih baik, minumlah vitamin C setiap hari.

Vitamin D
Vitamin D sangatlah penting bagi kesehatan tulang kita karena berperan sekali dalam penyerapan kalsium di lambung dan juga saluran pencernaan. Jika tidak memiliki cukup vitamin D, maka tubuh kita tidak akan mampu menyerap kalsium dengan baik, sehingga tulang akan melemah. Sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah minyak ikan, susu, telur, keju, bisa juga berjemur dibawah sinar matahari dibawah jam 8 pagi. Jika kalian kekurangan vitamin D, maka gigi akan lebih mudah rusak, otak bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal dan biasanya membentuk huruf X atau O.

Vitamin E
Vitamin E merupakan salah satu dari vitamin yang larut didalam lemak. Vitamin E sangat penting dalam melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas serta mencegah berbagai penyakit seperti lever, PMS, mengurangi kelelahan tubuh kita, dan juga mampu memperlambat penuaan dini. Vitamin baik digunakan oleh wanita terutama ibu hamil. Makanan yang mengandung vitamin E adalah ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, havermut, dan masih banyak lagi. Jika kalian kekurangan vitamin E, maka akan menyebabkan manduk baik pria ataupun wanita, gangguan syaraf dan juga otot. Nah lho, daripada mandul lebih baik mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E kan.

Vitamin K
Vitamin K merupakan salah satu dari vitamin yang larut didalam lemak. Vitamin K diperlukan dalam proses pembekuan darah secara normal. Biasanya vitamin K hanya dibutuhkan sedikit, dan sudah terpenuhi dalam makanan yang kita makan, sehingga tidak perlu lagi meminum suplemen vitamin K. Susu ibu biasanya hanya mengandung sedikit vitamin K, untuk itu bayi selalu diberi vitamin K saat lahir guna mencegah kekurangan vitamin K. Makanan yang mengandung vitamin K biasanya sayurn yang berdaun hijau, daging dan juga produk susu. Vitamin K juga bisa berasal dari bakteri di usus yang mensintesis vitamin K, lalu akan diserap dan selanjutnya disimpan di dalam hati. Jika kekurangan vitamin K maka akan menyebabkan darah sulit membeku bila terluka, pendarahan di dalam tubuh, dll.

Vitamin H (Biotin)
Sumber makanan yang mengandung vitamin H adalah sari ragi, dedak gandum, biji gandum, ikan yang berlemak. Dan jika kalian kekurangan vitamin H bisa menyebabkan radang kulit, rambut rontok, craddle cap pada bayi. Nah jika kalian rambutnya rontok, mungkin kalian kekurangan vitamin H.
Nah itu dia vitamin yang sangat penting dan sangat sering digunakan oleh orang Indonesia.

Title : Vitamin Yang Berperan Penting Dalam Tubuh Kita
Description : Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina...

4 Responses to "Vitamin Yang Berperan Penting Dalam Tubuh Kita"