Istilah Dalam kamera




Salam semua sobat blogger :
Kali ini admin akan share about Istilah Dalam kamera Digital






Langsung saja simak berikut di bawah ini   Istilah Dalam kamera Digital :



4:3 ratio
Ukuran dimensi foto atau video yang paling umum khususnya jika ingin dicetak atau ingin ditampilkan di televisi non wide screen, misalnya televisi tabung.

AF-Lock
AF merupakan singkatan dari Auto Focus. AF-Lock digunakan untuk mengunci fungsi Auto Focus.Caranya dengan menekan setengah tombol shutter hingga fokus gambar dikunci.Fungsi ini sangat berguna, jika Anda ingin memfokuskan pada obyek yang Anda ingin letakkan di samping. Caranya fokuskan dulu obyek tersebut saat ditengah, lalu geser kamera sambil menekan setengah tombolshutter.

Aperture
Aperture merupakan besarnya bukaan lensa kamera untuk menentukan berapa banyak cahaya yang bisa masuk dan mengenai sensor gambar di kamera.Pada kamera saku biasanya aperture sudah diatur otomatis oleh sistem kamera. Sedangkan kamera yang lebih canggih, bisa diatur untuk manual ataupun otomatis.

Aspect Ratio
Perbandingan ukuran foto atau video. Yang paling umum adalah 4:3 dan 16:9 (wide screen).

Autofocus (AF)
Autofocus atau sering disingkat AF merupakan kemampuan kamera digital untuk secara otomatis membuat obyek gambar yang diinginkan menjadi lebih tajam atau jelas.Untuk kamera digital pemula, biasanya fungsi ini secara otomatis akan aktif. Namun untuk kamera digital canggih, Anda dapat mengarahkan fokus secara manual dengan mengatur lensa.

Automatic exposure (AE)
Automatic exposure (AE) merupakan kemampuan kamera digital untuk mengatur bukaan lensa (lihataperture) maupun kecepatan shutter berdasarkan kondisi cahaya di sekitarnya.Kamera digital untuk pemula seperti kamera saku telah memiliki 3 atau lebih mode AE yang berbeda.

Burst Mode
Burst mode merupakan fitur kamera digital untuk mengambil beberapa gambar sekaligus dalam waktusingkat. Misalnya Anda ingin mengambil sekaligus 10 foto dalam waktu 3 detik.Burst mode khususnya berguna saat Anda ingin mengambil gambar obyek yang bergerak dengan cepat.Istilah lainnya adalah continuous shooting mode.

CCD
CCD (Charge Coupled Device), merupakan chip di dalam kamera yang berfungsi sebagai sensor gambar.CCD terdiri dari jutaan kapasitor. Fungsinya yaitu saat cahaya masuk ke dalam kamera melalu lensa, maka cahaya akan mencapai bagian CCD.Teknologi yang lebih populer saat ini yaitu CMOS.

Secure Digital High Capacity (SDHC)
Secure Digital High Capacity (SDHC) merupakan salah satu tipe flash memory yang digunakan untuk menyimpan data dalam kamera digital.Teknologi SDHC merupakan pengembangan dari SD Card dengan kapasitas penyimpanan cukup besar.

Self timer
Self timer merupakan fitur kamera digital untuk mengambil foto secara otomatis setelah beberapa detik.Fotografer mengarahkan kamera, lalu mengatur self timer, misalnya 10 detik, lalu setelah menekan tombol, fotografer berjalan ke area yang akan diambil.Setelah 10 detik, kamera akan mengambil foto secara otomatis.

Viewfinder
iewfinder digunakan untuk melihat foto yang akan Anda ambil.Terdapat 2 jenis yaitu:
Optical viewfinder, yang biasanya terletak di bagian atas belakang kamera, berupa jendela kaca kecil.
Digital viewfinder, biasanya berupa LCD yang terdapat di belakang kamera.

Wide Angle
Wide angle menunjukkan kemampuan kamera digital untuk mengambil foto dengan bidang pandang lebih luas dibanding penglihatan manusia.Tentu sekarang Anda sudah lebih mengenal berbagai istilah dalam kamera digital Anda. Gunakan secara tepat dan ambil gambar terbaik, serta bagikan dengan teman-teman Anda foto Anda yang membuat decak kagum.

Demikianlah info seputar Istilah Dalam kamera Digital, semoga bermanfaat, terima kasih..!!

Title : Istilah Dalam kamera
Description : Salam semua sobat blogger : Kali ini admin akan share about Istilah Dalam kamera Digital ...

4 Responses to "Istilah Dalam kamera "